RSS

Hamil Duluan vs Masa Lalu

31 Oct

..kuhamil duluan sudah tiga bulan gara-gara pacaran tidurnya berduaan,kuhamil duluan sudah tiga bulan gara-gara pacaran suka gelap-gelapan…

Tuty WIbowo

Sejak bangun tadi pagi, tiba-tiba saya pingin mendengarkan lagu-lagu dangdut. Laptop yang sudah menyala sejak kapan hari di samping ranjang segera menampilkan deret judul lagu begitu saya ketikkan sebuah judul lagu dangdut di youtube; MASA LALU.

Entah bagaimana akhirnya saya sudah berHamilDuluan. o o o… aku hamil duluaaan…o o o sudah tiga bulaaan...

Saya perhatikan liriknya baik-baik, meski tidak sebanyak lagu campursari even lagu dangdut lain dalam bermetafora, tapi saya kesenengan setengah gila mendengar lagu Hamil Duluan. Sedang pingin hamil kali ya😀

Bayangkan saja itu imaji apa yang ada di benak kita saat tidak sedang mabuk (biasanya nonton dangdung live sembari mabuk, entah karena suasana entah karena alkohol) contoh ni; Mendem Pentol yang liriknya kira-kira, aku pingin penthol sing ana mie-ne, aku pingin penthol penthol penthol sing dobel endog e….atau sebut saja Cucakrowo dan Jatuh Bangun-nya Kristina, yang sempat dan masih ngetrend itu…

…kuhamil duluan sudah tiga bulan, gara-gara pacaran tidurnya berduaan…lirik ini apa kabar nasibnya kalau di tangan para penyanyi yang menjadi ratu di panggung-panggung kota pinggiran sana. Kami di Jawa Timur biasa menyebutnya dengan dangdut koplo. sedang di pantura situ ya terkenal dengan dangdut pantura. Lirik; ada gula ada semut, durung randha aja direbut bisa menjadi ada gula ada semut, durung randha aja diemut. Atau bahkan lirik dari lagu anak-abak Plok Ame-ame (nggak tahu judul aslinya) dari; siang makan nasi kalau malam mimik susu, menjadi, siang makan nasi kalau malam asyik nyusu..

Pasti dahsyat sekali untuk tahu bagaimana reaksi penyanyi sendiri saat beraksi di atas panggung sembari mengganti beberapa lirik menjadi terkesan “genit” atau “saru“. Apakah cukup signifikan mempengaruhi reaksi penonton padanya atau tidak…

 Nah pindah ke lagu baru….ah yepyuuu…

masalalu biarlah masalalu jangan kau ungkit jangan ingatkan aku…

Ah kurang iseng ah metaforanya. Lhoh ini dari asil renungan saya (huek cuih syooor) atas penelurusan saya berkoplo ria di youtube (ah mau bilang suka dangdut dan campursarinan ae kakean alasan, biar terkesan ndengerin dangdut tu karena kepentingan yang lebih akademis, preeeek) Coba kalau saya yang njengking-njengking di atas panggung, liriknya akan saya ganti; masal alumu juga masa laluku….kau kira tak menyakiti aku, pabila dia menelponmu, meskipun kau telah resmi milikku, karna dia bekas pacarmu dan ku…(nggak lucu ya? ya udah sih, kalau kata de Rusli)

Well, ok, terakhir lagu ya musti saya putar untuk menikmati kopi pagi ini bertema dangdutan adalah…

pinginku sms-an wedi karo bojomu…pingin telpon-telponan wedi karo bojoku…pinginku ngomong sayang wedi karo mantanmu…sakjane kangen iki ra keno dilereni, nanging aku wedi…

baiklah sekarang saya mau menikmati lagu ini sekali lagi dengan jeritan ah uh ah uh dari si mbak penyanyi, lalu kembali ke tulisan-tulisan yang membosankan demi sebuah hati… (kalau segenggam berlian mah udah biasa…)

pinginku ketemuan wedi karo bribikanmu…pingin kangen-kangenan…wedi karo mantanmu…

Hari Dangdut Negara Bagian Masing-masing…

31 Oktober 2014

 
Leave a comment

Posted by on October 31, 2014 in Catatan Hari Ini

 

Tags: , , , , , ,

Leave a Reply

 
