RSS

Sorbet Mangga

01 Oct

Kalau sedang musim mangga, saya memang senang mewajibkan diri untuk stock buah paling yepyu ini di almari es, khususnya mangga manalagi (di Ngawi Jawa Timur kami menyebutnya begitu) di Yogya disebut juga arum manis. Seringkali buah satu ini hanya saya kupas dan makan begitu saja, sesekali saya juice dan belakangan saya membuatnya sebagai sorbet agar bisa dimakan kapan saja tanpa perlu repot terlebih dulu.1898176_10152784945861473_168985465029124721_n

ini saat juice dilembutkan/diblender/digaruk2 pake garpu untuk ketiga kalinya

ini saat juice dilembutkan/diblender/digaruk2 pake garpu untuk ketiga kalinya

Adapun bahan-bahan membuat sorbet banyak yang sudah upload di website…sementara saya sendiri memilihnya menjadi seperti saat saya membuat jus-jus buah pada hari-hari biasanya…

> daging buah mangga
> air gula (manisnya sesuai tingkat keasaman mangga atau bisa juga diganti susu cair)
> 1 buah jeruk lemon/nipis diambil airnya.

Cara Membuat:
blender buah daging buah mangga dengan air gula (saya memilih tidak menggunakan terlalu banyak air) dengan perasan jeruk. Setelah benar-benar halus, masukkan ke wadah plastik (tupperware misalnya) dan simpan di freezer. Setelah mengeras, ambil dan blender lagi, atau bisa juga menggunakan garpu dan digaruk2 (aduh bahasane ya ampun) lalu masukkan lagi ke freezer, ulang sampai 3 kali…Dan beginilah hasilnya…

sorbet mangga

sorbet mangga

 
Leave a comment

Posted by on October 1, 2014 in Merayu Api

 

Tags: , , , , , ,

Leave a Reply

 
