RSS

Saya Korelis?

29 May

Sebulan yang lalu saya dijadikan obyek penelitian seorang teman yang kebetulan mendapat tugas dari dosennya perihal karakter manusia. Saya hanya mengisi angket-angket, yang kalau saya tidak salah berisi 100 soal dengan beberapa jawaban gitulah. Tinggal pilih ini itu. Gampang-gampang saja. Dan siang tadi si teman ini tertawa-tawa begitu melihat saya duduk di cafe. Well, muka badungnya seperti menemukan senjata penembus jantung saya. ”Lu tahu kagak? Lu itu korelis murni!”
”What the hell?”
“Lu suka mau menang sendiri!”
Meledaklah tawanya. ”Bentar-bentar, its about yang kemaren itu?”
”Ya iyalah bu, yang kemaren itu.”
Trus dong saya baca tulisan yang seabrek-abrek itu. Aduh Bapak, saya tertawa membacanya. ”Nez, kamu bilang aja, kalau aku egois dan mau menang sendiri! Udah ndak usah pake basa-basi.”
”Ntar gue yang repot dong kalau butuh pertolongan lagi, lu kagak mau.”

Sebenarnya saya agak-agak gimana sih baca tu tulisan. Kesal sih ndak ya, peduli deh ma yang kasih judgement kalau saya korelis pake tambahan ’murni’ pula. Saya buka-buka di google apa itu korelis murni dan lain-lain. Jadi sebenarnya, ada empat karakter manusia. KORELIS yang suka petualangan, persuasif, dan percaya diri. MELANKOLIS yang setia dan tekun, SANGUIS yang spontan, lincah, dan periang. Lalu PHLEGMATIS yang ramah, sabar, dan gampang puaaaaaaaas.

”Lu tu kek Soeharto, Soekarno!”
”Kamsudnya?”
”Iye, emosi lu mang stabil, tapi itu tadi suka memerintah, dan kerennya orang-orang itu ndak ngerasa diperintah. Cocok lu jadi ketua geng mafia gitu!”
”Thanks, for your f***kn opinion!”
“Bukan, pendapat gue, ni nurut teori. Tapi cocoklah, lu kan suka bernafsu menguasai sesuatu! Atau seseorang?”
”Pun ndalem kagungan cuang*** dipun jagi!””
”Tapi anehnya napa tulisan-tulisanmu romantis ya? Mpe digilai gitu!”
”Ya karena aku romantis kali, bukan korelis tadi!”
”Ndak, kurasa itu trik lu aja untuk menguasai hati orang-orang itu!”

Memangnya iya? Saya nampak sebagai seseorang yang ingin menguasai? Duh, kalau gitu, saya ndak usah punya pasangan saja. Daripada kalau saya kenapa dikit dikira mau menguasai kek yang teman saya bilang.

nb: (ini tulisan dari teman saya itu)
Karakter ini, aktif dan optimis.Pembawaannya pantang menyerah, tegas, dinamis, serta berbakat memimpin, mempunyai kemauan yang kuat, kritis terhadap permasalahan dan selalu menemukan solusi untuk memperbaiki, dan mampu mengendalikan emosi. Dalam bekerja korelis berorientasi pada target, memiliki pemecahan yang praktis, bergerak cepat dalam bertindak, mendelegasikan pekerjaan, berkembang karena saingan dari luar. Biasanya selalu menonjol di antara yang lain dalam keadaan darurat dan genting. Karena selalu mengetahui jawaban yang benar.

.: saya hanya menguasai diri dan tubuh saya sendiri, bukan orang lain…

 
7 Comments

Posted by on May 29, 2008 in Catatan Hari Ini

 

Tags: , , , ,

7 responses to “Saya Korelis?

  1. sheska

    May 30, 2008 at 12:30 pm

    setelah baca postingan ini… saya langsung cari di google dan menemukan postingan seseorang, di situ tertulis banyak banget karakter – karakter manusia.
    dan setelah terbaca oleh saya…
    sepertinya saya ini golongan PHLEGMATIS deh… tapi sedikit bingung antara PHLEGMATIS atau MELANKOLIS yah ?!
    sampeyan tau saya cenderung golongan yang mana ya mbak ?! hehehhe.. * malah takok * 😛 kwakawkwa…

     
  2. wawan

    May 30, 2008 at 1:31 pm

    Herlinatiens kok korelis,BENER banget,tapi romantis abieeeees

     
  3. Marhentin

    May 30, 2008 at 3:37 pm

    Hei mbak Herlinatiens,salam kenal.Saya tau dari mas Iwan.Tapi sekarang kami sudah putus.Mbak masih berhubungan sama dia?

     
  4. velly

    June 2, 2008 at 4:32 am

    ehm, mbak… kayanya bukan koralis deh… tapi koleris😀
    Saya dapat kutipan dari Wikipedia..
    “A simplification might be that a Choleric likes it “my way”, a Melancholy likes it “the right way”, a Sangine likes it “the fun way”, and a Phlegmatic likes it “any way”.”

    http://en.wikipedia.org/wiki/Personality_Plus

    -saya, seorang sanguinis

     
  5. jeunglala

    June 3, 2008 at 10:22 am

    waaahh.. sama…
    saya merasa romantis.. melankolis.. eh begitu selesai isi angket… diiieeengg…. KORELIS!!!
    Waduh..
    Apa bener yaa…
    kirain hasilnya salah.. eh ternyata dirimu juga gitu tho…🙂

     
  6. she

    June 7, 2008 at 6:44 am

    saya dah ada punya soanya kok mbak..
    yang saya bilang kemarin – kemarin itu,yang saya print itu..
    tapi cuma 40 soal sih.itu aja agak bingun jawabnya apalagi 200 soal mbak😛 hehehhe..

     
  7. cerpen kita

    February 2, 2009 at 9:04 am

    sama dunk! kmaren gw juga di-judge sebagai korelis murni. apa salahnya, gw seneng aja dilabel korelis.

     

Leave a Reply

 
