perihal mimpi

; jangan percaya ini

Mengapa ada seseorang yang percaya bahwa mimpi adalah pertanda, sementara yang lainnya menganggapnya sebagai hiburan tengah malam?
Saya mungkin seseorang yang berada di tengah-tengahnya. Ada saatnya saya menganggap mimpi-mimpi itu sebagai kembang tengah malam saat lelap, yang seringkali terlupa begitu saja saat mata saya terbuka.

Kejadian dalam mimpi biasanya mustahil terjadi dalam dunia nyata, dan di luar kuasa si pemimpi. Perkecualiannya adalah dalam mimpi yang disebut lucid dreaming. Dalam mimpi yang demikian, pemimpi menyadari bahwa dia sedang bermimpi saat mimpi tersebut masih berlangsung, dan terkadang mampu mengubah lingkungan dalam mimpinya serta mengendalikan beberapa aspek dalam mimpi tersebut.

Kalau dihitung-hitung saya tidak lebih dari sepuluh kali sedemikian memikirkan mimpi-mimpi saya. Mimpi-mimpi itu terjadi begitu saja. Kehilangan pacar salah satunya setelah bermimpi menemani si dia menembak seekor burung kecil di dalam hutan. Dalam kehidupan senyatanya, saya juga begitu terpengaruh oleh buku Paulo Coelho, khususnya The Alchemist. Sebuah novel spiritual yang menceritakan perjalanan seorang bocah Santiago dalam mengejar mimpi-mimpinya. Tentu saja juga cara dia menghitung pertanda pada gadis gurun bernama Fatimah. Aih, romantisnya…

Analisis mimpi yang digunakan oleh Freud dari pemahamannya bahwa mimpi merupakan pesan alam bawah sadar yang abstrak terhadap alam sadar. Pesan-pesan ini berisi keinginan, ketakutan dan berbagai macam aktifitas emosi lain, hingga aktifitas emosi yang sama sekali tidak disadari. Sehingga metode Analisis Mimpi dapat digunakan untuk mengungkap pesan bawah sadar atau permasalahan terpendam, baik berupa hasrat, ketakutan, kekhawatiran, kemarahan yang tidak disadari karena ditekan oleh seseorang. Ketika hal masalah-masalah alam bawah sadar ini telah berhasil di-ungkap, maka untuk penyelesaian selanjutnya akan lebih mudah untuk diselesaikan.

Lantas bagaimana jika mimpi begitu susah diartikan? semacam pergi ke gunung dengan seseorang yang tak dikenal. Berulang kali mimpi dikejar ular. Mematahkan dan membunuh sekelompok ular dengan menggigitnya. Padahal aduh, dalam dunia nyata saya paling takut dan jijik pada ular. Melihatnya melintas di depan saya saja lutut saya bisa langsung lemas ndak karuan.

Sigmund Freud berpendapat bahwa dalam mengutarakan mimpi, seorang penafsir haruslah memberikan perhatian yang penuh, bersungguh-sungguh dan tidak terburu-buru. Kemudian, seorang penafsir juga harus berusaha mencari tabu semua hal yang berhubungan dengan gambaran atau isi mimpi serta pelaku mimpi secara komprehensif. Kemudian terdapat juga kesamaan tentang kamampuan atau pengetahuan yang harus dikuasai oleh seorang penafsir mimpi. lbnu Sirin, seorang pemikir besar dengan latar muslim dari Timur juga sependapat dengan Sigmund Freud bahwa seorang penafsir mimpi harus menguasai ilmu tentang Bahasa. tentang makna kata, derivasi kata, dan kata-kata
kiasan maupun pribahasa sehingga mengetahuitentang kondisi dan kebiasaan serta budaya yang berlaku pada masyarakat atau daerah setempat.

Nah, bisa jadi mimpi digelung ular serupa yang saya alami ini berbeda maknanya dengan seseorang di tempat lain yang bermimpi sama.

Pengertian akan mimpi memang masih sangat membingungkan bagi sebagian orang. Namun demikian dari analisis yang disampaikan oleh Sigmund Freud kita bisa menemukan dua jenis mimpi yang terjadi pada manusia. Ada perbedaan perngertian mimpi, antara orang sekarang dengan orang-orang jaman primitif. Meskipun masih juga banyak orang mempercayai bahwa mimpi mempunyai aspek supranatural atau mistik, sebagaimana yang diyakini oleh orang-orang primitif.
Pengertian mimpi yang pertama bisa kita pahami menurut Aristoteles bahwa mimpi tak lebih dari persoalan psikologis. Mimpi bukanlah ilham dari dewa, dan juga tidak ada kaitanya dengan hal-hal yang berbau kedewaan, tetapi sebaliknya dari sifat-sifat kejam atau jahat.

Hal ini berbeda dengan pandangan Aristoteles, penulis-penulis jaman sebelumnya tidak memandang mimpi sebagai suatu produk jiwa malainkan ilham yang berasal dari dewa (devine orgin). Oleh karena itu manusia jaman purba membedakan mimpi sebagai berikut; Pertama, mimpi yang nyata dan berharga, diturunkan pada si pemimpi sebagai peringatan atau untuk meramalkan kejadian-kejadian dimasa depan. Kedua, mimpi yang tak berharga, kosong dan menipu, bertujuan untuk menyesatkan atau menuntun si pemimpi pada kehancuran. Jadi jelas, dari kedua pengertian ini, kita menjadi sadar akan adanya makna yang terkandung dalam mimpi. Meskipun tetap dipahami juga bahwa tidak semua mimpi memiliki makna yang berkaitan dengan kehidupan kita.

Saya menyukai salah satu referensi tentang mimpi yang berkaitan dengan Enuknia (insomnia), yang secara langsung mereproduksi rangsangan yang diberikan atau pun sebaliknya. Merangsang secara berlebihan, seperti mimpi buruk menentukan atau mempunyai korelasi yang pasti dengan masa depan. Termasuk di dalammnya adalah pemberitahuan tentang kejadian-kejadian di masa depan (orama, visio). Nyatanya, konsep inilah yang sudah berabad-abad menjadi kepercayaan manusia.

Freud sendiri memegang teguh pendiriannya atas teori mimpi. Meskipun Ia mengakui akan adanya kesulitan di dalam membuktikan gagasan-gagasannya itu. Ia tetap berkeyakinan akan adanya beberapa titik terang bahwa mimpi bisa dipengaruhi oleh kondisi fisik dan pengalaman alam sadarnya. Mimpi hanya reaksi tidak teratur dari fenomena mental yang berasal dari stimulasi fisik. Freud mencontohkan seseorang yang sedang tidur kemudian ia bermimpi sedang minum. Maka sudah bisa dipastikan bahwa pada saat itu ia sedang merasakan kehausan. Saya belum memiliki alasan yang cukup kuat untuk sepenuhnya setuju pada pendapat ini. Kenyataannya saya sedang tidak memikirkan ular saat saya bermimpi digelung ular hitam semalam itu.

Sebenarnya pada banyak hal, banyak dari teori-teori Freud yang saya kurang sepakati pada penjabarannya, bukan pada pengantar dan perawalannya. Misalkan psikoanalis saya cenderung sepakat, tapi kemudian ada beberapa klik yang membuat saya menganggap Freud seorang pandir dan sok pintar.

Pada dasarnya hakikat mimpi bagi psikoanalisis hanyalah sebentuk pemenuhan keinginan terlarang semata. Dikatakan oleh Freud (dalam Calvin S.Hal & Gardner Lindzaey, 1998). Oh, tentu saya tidak menyepakatinya. Tidak ada seorangpun yang melarang saya ke gunung, bahkan banyak yang mengajak saya mendirikan tenda-tenda bersama-sama. Lantas mengapa saya bermimpi sedang berjalan di setapak dalam hutan di gunung?

Sejak zaman Babilonia. Aflatun, Aristu, Cicero, Kitab Injil, Shakespeare, Goethe dan Napoleon percaya bahwa ada mimpi-mimpi tertentu yang meramalkan sesuatu di kehidupan mendatang. Tidak ada apa pun yang muncul dalam mimpi secara kebetulan, tiap gambaran adalah lambang yang dihargai yang merujuk kepada kehidupan dan fikiran yang paling dalam.

Atau, yang paling tepat sebenarnya adalah, saya mencoba menjabarkan mimpi-mimpi yang datang pada saya dengan cara saya sendiri. Saya tidak lantas menganggap semua mimpi adalah pertanda. Tapi saya tahu, salah satu mimpi saya akan selalu berkelanjutan mengajari saya bersiap menerima segala hal yang akan sampai pada saya.

Esok hari, saat saya serupa naga, saya tak akan lagi bermimpi tentang ular!

About these ads
Comments
41 Responses to “perihal mimpi”
  1. Mbah Tapsir says:

    menurut tafsir Adamma’na mimoi tentang ular itu dibagi banyak. Kalau ular hitam bisa berarti dapat fitnah kalau ularnya berwarna mungkin ada warna kehidupan baru yang akan terjadi.

  2. astri says:

    mimpi, suatu kenyataan.

  3. herlinatiens says:

    @ Mbah Tafsir: iya memang baru saja saya dapat fitnah besar. Untung terselamatkan setidaknya sampai ni hari. berkasnya dah sampai mana ya..saya jadi ingat musti telpon seseorang..

    @ astri: mimpi suatu kenyataan itu kek mana? mimpi ya mimpi Astri, kenyataan yang kenyataan. meski keduanya suka sekali berhubungan…panjang nak,kapan-kapan kita ngobrol

  4. entah says:

    bukannya mimpi dan kenyataan itu suka sekali berhubungan….
    tetapi diajeng…,menurut saya antara mimpi dan kenyataan itu sangat suka dihubung-hubungkan….

  5. she says:

    memang terkadang mimpi itu bisa juga jadi kenyataan, yah.. karena ada mimpi itu sendiri.hehehehe.. :D

  6. herlinatiens says:

    @ entah: iya begitu kenyataannya, kadang untuk menghidupkan semangat, kadang juga menjelma gamang dan ketakutan tersendiri..yang sering juga tak beralasan. pernahkah sampeyan mengalaminya? bermimpi memeluk seseorang? sementara seseorang itu sedang pulas di samping sampeyan?

    @ she: mimpi apa yg menjadi kenyataan dalm hidup sampeyan, nona? maka ajarilah mimpi-mimpi berjalan pada jalannya. nah, kek mana itu ya.entah

  7. astri says:

    ok… tar kita bahas.

  8. entah says:

    saya memang sangat ingin bermimpi memeluk seseorang
    dalam tidur ataupun sewaktu sadar saya
    jika tidak bisa saya peluk,saya masih sangat ingin memandangnya
    meskipun dengan mencuri pandang….
    (….semoga terulang kembali….)

  9. herlinatiens says:

    Saya kira sampeyan asyik tertidur dan dia yang memandangi sampeyan saat tidur. Dengan matanya dia memeluk sampeyan. Merapikan selimut sampeyan….ya semoga terulang kembali.

  10. M4T4H4Ri says:

    mimpi! mengapa wahyu sering di turunkan Tuhan lewat mimpi pada para nabi??
    apakah mimpi lebih agung dari nyata?

  11. herlinatiens says:

    ndak gitu juga sih…kalau bermimpi terus bagaimana puisi menjadi?

  12. M4T4H4RI says:

    apakah puisi lahir dari mimpi? bisakah anda berikan satu puisi pada saya yang lahir dari mimpi?

  13. herlinatiens says:

    anda ini kalau baca komentar saya yg jelas…saya bilang kalau terus bermimpi, bagaimana puisi menjadi? jadi jgn sering mimpi ngunu lho. ya sangat mungkin puisi lahir karena suatu mimpi. misal ni contohnya;
    she dan astri (ni judl dulu, kira2 sepakat ndak?)

  14. M4T4H4RI says:

    juduh apaan itu??`

  15. herlinatiens says:

    judul yang paling odong yang pernah saya punya, karena astri itu odong! suka bermain analogi tapi ndak paham dan ndak jelas konteksnya. Paham?!

  16. astri says:

    hei.. odong! napa dikau nyebut nama aku? kamu sejak kapan ngajar analogi? ajarin aku juga donk? tapi ini astri mana sih yang barusan kamu kasih pengajaran…

  17. herlinatiens says:

    Astri temen ane, pacar adek gue, si astri anak mana itu ya, padang saya rasa…temen2nya si rel,matahari dll itulah..dia kan suka. nah lu astri yang sempat jadi preman di lempuyangan pasti ya?

  18. M4T4H4RI says:

    OOuuuWWw…anda luas juga pertemanannya.. ada teman anda anak babi gak? atau kanguru gitu?

  19. herlinatiens says:

    Sebenarnya ni ya, saya ndak suka lihat babi, jijik. Tapi boneka babi saya suka. Nah kanguru koala saya punya juga bonekanya. Katak juga ada. hehehe…jadi semuanya serba boneka.

  20. entah says:

    saya dan dia hanya mampu saling mencuri pandang
    tapi tak seorangpun dari kami yang beranjak untuk menyapa
    seperti mimpi bukan…..???

  21. herlinatiens says:

    @ entah: mengapa hanya mampu saling mencuri pandang? mengapa tak lekas saling bicara? mengapa tak disegerakan apa yang musti dilakukan? dan mengapa sampeyan tidak mencoba mengawalinya -lagi-?
    duh egois nih..

  22. entah says:

    egois….?????
    saya takut salah menafsirkan,
    :)

  23. herlinatiens says:

    @ entah: jangan pernah takut salah menafsirkan…jadi apa pesan terbaru -kalau saya bilang terakhir kek org mau mati aja- dari dia apa? Sini saya bantu menafsirkan. :)

  24. entah siapa?pacarmu juga?

  25. Sabitah says:

    gara2 tadi malam saya mimpi ttg ular saya jadi browsing mslh tafsir mimpi di google, eeeh… ketemu blog ini. postingannya menarik bgt. Saya baru tau kalo saya sering bgt ngalamin lucid dreaming. salam kenal…

  26. herlinatiens says:

    terimakasih. salam kenal juga :)
    lucid dreaming? sering? mari berbagi..

  27. adek says:

    sy nak tau maksudmimpi kne gigit lintah

  28. plutolove says:

    mimpi,,,sdh sejak lama menjadi perdebatan, dinalisis hingga menjadi rujukan kebanyakan orang. mimpi/dikejar digigit ular ktnya pertanda akan ada pertanda buruk atau sebaliknya akan ada yang melamar ini juga tidak selalu benar.tapi kadang perasaan kita terhadap mimpi itu yang akan membawa kita pada kebenaran mimpi.hanya mimpi orang-orang tertentu (suci) yang mejadi kenyataan. jika perasaan kita terhadap mimpi itu bermakna buruk berlindunglah hanya pada “ALLAH semata”.tapi mungkin juga benar bentar lagi liens ada yang melamar,,,,(siap gak?)

  29. dyne says:

    mimpi itu sebagai gambaran perjalan hidup melalui alam bawah sadar

  30. Sering kali kita mengejar MIMPI

    Seolah – olah impian itu adalah TARGET

    Susah payah penuh pengorbanan mimpi DIKEJAR

    Setelah tercapai kita akan kembali BERMIMPI

    Hidup adalah untuk IBADAH

    Ibadah itu bukanlah BERMIMPI

    Karena ibadah adalah hidup HARI INI

    Memaksimalkan HARI INI dan DETIK INI

    Masa depan adalah MISTERI

    Masa lalu adalah HISTORI

    Mimpi hanya membatasi KEMAMPUAN

    MAKSIMALKAN HARI INI UNTUK MASA DEPAN YANG LEBIH BAIK

    http://fusion-kandagalante.blogspot.com

  31. Laras says:

    q ga gtu ngerti ttng ni mimpi cma q org na ska penasaran ndri lok q ga nemu arti mimpi ni…..
    ya pkok na q kn ngefans ma slh stu kk klz q gtu truz q crita ma tmen q eh bsk na dy blng lok mlm na dy mimpi in q ma kk klz q tuw lg jln brng kelitan na sie akrab bgt
    tp kta na tmen q yg mimpi in q itu lok biasana mimpi na dy berkenalikan hixz jd sedih tp santai ja kug q ga ngefans lg ma kk itu

  32. aliasaku says:

    kakaaaaaaaaaaaaaaaa, minta nomor hp-nya kaka dong :( please please

  33. bebek says:

    lho kok aku sampai sini lagi? padahal tujuannya tidak ke sini.mau nyari arti mimpiku. duh kaka, kita jodoh :))

  34. niko says:

    aku mimpi mengejar ular, apa ya artinya

  35. inhal says:

    aku ingat: perempuan tua penafsir mimpi dalam Sang Alkemis..,bahkan dia pun hanya mampu menghubung2kan dgn sesuatu yg tentu barangkali itu kekuatan bahasa (entahlah)… finishingnya itu adalah kepentingan materi,,
    soal mimpi termasuk orang yg tidak berada pada garis pinggir meniadakannya sebagai takdir nyata,.,tapi aku ke tengaj ajah..

  36. cinta rupiah says:

    Melambung jauh..terbang tinggi ..bersama mimpi..
    terlarut dalam lautan emosi …….

    Hola Herlin ………;)

  37. zhee says:

    kalo mimpi ular mati,,,kira kira apa mksd na ea?????

  38. terima kasih atas informasi yang sudah di berikan

Trackbacks
Check out what others are saying...


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: